Blue Life

Blue Life

Saturday, June 27, 2015

FINAL ASSIGNMENT ! Good bye college!!

Finally, Hal paling menentukan, menentukan di dalam kuliah saya datang, sebut saja SKRIPSI, Skripsi adalah masalah yang menghantui banyak mahasiswa tingkat akhir. Cerita sepanjang kuliah mungkin akan dilupakan, tetapi kisah Skirpsi akan selalu diingat oleh para mahasiswa. Dan saya ingin menceritakan mujizat yang saya alami dalam skripsi saya.

Saya sudah memiliki visi untuk lulus tepat waktu, kurang dari 4 tahun. Sesuai visi saya berarti maksimal saya harus lulus Agustus 2014. Tapi pada awal tahun 2014, saya mengalami masalah dalam proposal skripsi saya, dan saya harus mengulang proposal saya. Itu artinya saya harus mengundur skripsi saya satu semester, dan begitu juga dengan kelulusan saya. Saya sempat hopeless, dan saya down karena paling cepat saya hanya bisa lulus November 2014, artinya saya lulus lebih dari 4 tahun. Saya tidak tahu apa yang akan saya lakukan, saya merasa sudah gagal. Kebaikan Tuhan pertama adalah saya punya pemimpin rohani yang menguatkan saya, yaitu cc rosalina omega.. Saat beliau memotivasi saya, sebenarnya saya masih belum bisa menerima keputusan dosen proposal saya yang menggagalkan skripsi saya, tetapi saya memutuskan, tetap memiliki iman lulus tengah tahun ini..

Saya berusaha untuk bertemu dengan dosen pembimbing saya, beliau yang mendukung dan membantu proposal skripsi saya. Saya berusaha menemui kepala program studi (kaprodi). Singkat cerita mujizat itu ada disaat kita percaya. Diluar dari sistem perkuliahan yang sudah ada, dengan ijin khusus dari Kaprodi, akhirnya saya tetap bisa mengerjakan skripsi saya dan mengulang proposal saya didalam semester yang sama. Dengan kata lain saya tidak perlu untuk memundurkan kelulusan saya.


Pada saat itu Tuhan hanya ingatkan 1 hal, yaitu cerita tentang gideon yang memiliki pasukan terlalu banyak. Saya adalah orang yang tidak mau menjadi biasa di dalam study saya. Saya merasa saya dengan mudah untuk lulus tepat waktu.. Tapi puji Tuhan saya punya Tuhan yang baik, Tuhan mau saya sadar bahwa keberhasilan di study saya hanya karena Tuhan, bukan krn saya mampu. Dan saya tahu Tuhan mau pakai skripsi saya sebagai kesaksian dalam hidup saya. Luar biasanya penyertaan Tuhan nyata dalam skripsi saya. Mulai dari dosen pembimbing saya, topik, setiap prose Tuhan sertai. Puji Tuhan saya dapat menyelesaikan skripsi saya dengan cepat.



What is my key?
"Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku.
Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.
Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar.
Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki , dan kamu akan menerimanya."

-- YOH 15:4-7 --


Jadi apa yang saya lakukan???

"Tinggal didalam Aku", Hal pertama yang saya lakukan setiap kali mau bimbingan saya PASTI malam akan bw skripsi dan dosen saya dalam doa di malam sebelum bimbingan. Dan juga di pagi nya saya juga pastikan saya tidak akan keluar rumah sblm saya berdoa.
Tapi apa yang saya doakan?? Saya berkati skripsi saya, dan saya berkati dosen saya, (saya berkati pekerjaannya, anaknya, suaminya). Simple saat saya mengucapkan berkat, dan dosen saya diberkati, beliau akan punya mood yang baik, dan saat bimbingan beliau akan baik sm saya..

"FirmanMu tinggal didalam aku", yang saya lakukan selanjutnya adalah memperkatakan Firman. Saya perkatakan Firman yang saya dapatkan, dan setiap mau bimbingan saya perkatakan dengan iman "ini revisi terakhr", "skripsi ini sudah selesai".
Meski kenyataan nya masih ada tuh coretan2 dosen, masih hrs bimbingan selanjutnya lagi, tapi saya tetap SELALU perkatakan..

"mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya." Dan itu Beneran!!!

Sejak dari awal tahun saya praktik Firman itu, dan saya sudah bisa melihat hasilnya sekarang. Dosen boleh tidak berubah, tapi respon dosen terhadap saya berbeda. Disaat dosen saya membimbing mahasiswa lain, dia sering berkata "saya tidak paham tulisan mu", "progresmu lambat". Tapi saat saya menjelaskan, dosen saya langsung paham, mood nya selalu baik, dan saat mahasiswa yang lain blm slsai saya sudah bisa menyelesaikan nya..



Saat saya mau daftar pendadaran, ada masalah lagi, saya masih harus menunggu nilai perbaikan proposal skripsi. Dosen yang saya temui berkata "ujian nya paling tengah juli, tidak bisa kamu daftar pendadaran bulan juni", teman2 saya sudah bilang "udah nilai nya keluar paling cepat tengah juli, kamu ngapain siap2 daftar, toh tidak mungkin"
Tapi saya percaya saya bisa daftar dibulan. juni, agar saya bisa wisuda agustus. saya tetap melengkapi semua persyaratan sebagai langkah iman saya. Tuhan sendiri yang kasih janji, dan Dia yang menguatkan dengan Firman nya.


"Sesungguhnya, orang yang membusungkan dada, tidak lurus hatinya,
tetapi orang yang benar itu akan hidup oleh percayanya"


-- habakuk 2:4 --

Tuhan yang menepati janjinya. Puji Tuhan nilai saya bisa keluar cepat, dan saya bisa daftar pendadaran. 3 juli 2014 saya pendadaran, bahkan lbh cpt dibanding bbrp tmn saya yang lancar proposalnya diawal tahun.. Tuhan memperlancar presentasi saya, dosen pembimbing pun terlibat membantu saya, dan Puji Tuhan saya LULUS dengan nilai A.. Semua benar2 karena Tuhan beserta ku, dan Tuhan kekuatanku. jadi saya bisa lulus tepat waktu dengan nilai yang memuaskan atau cumlaude













Special Thanks to :
JESUS CHRIST
my GOD, my Father who give me courage, strength, and motivation, and always give me the best blessing in my life
Halims Family
who help me, and support me in many things, Especially my Parents who fund my study
Deny Ratna Yuniartha
my lecturer, who help me finish my final assignment. You are great lecturer
Youth Impact
Especially my Leaders Ci Rosalina Omega, and Ko Agung Listyo, Youth Leader team, my Cell Group (Woman with Shiny Life)
my Bestfriends
Fila, Ko nald, Ko John, Jerry, Erick, Erik, Ko Ivan.
for your support, love, time, and pray for me
Industrial Engineering Atma Jaya 2010
Especially my best friends Gatot, Rendy, Nia, Siska, Vicky, David, Feri, 
Thx for every moment at college

No comments:

Post a Comment